Jul 12, 2017

Manfaat penting menyusui bagi ibu dan bayi


peran penting asi bagi ibu dan bayi 
Keajaiban Tuhan Yang Maha Esa menciptakan segala sesuatunya lengkap dan tepat pada waktunya. Air susu ibu (ASI) adalah satu dari banyak hal yang Tuhan berikan keajaiban kepada ibu yang baru saja melahirkan. Pasca melahirkan, seorang ibu punya peran baru untuk memberikan nutrisi terbaik kepada anaknya melalui pemberian asi ekslusif selama 6 bulan pertama. Keluhan ibu pasca melahirkan mengenai asi tidak keluar atau jumlah asi yang tidak cukup. Psikologis ibu dan kualitas makanan menentukan asi lancar dan berkualitas sehingga ibu dapat memberikan nutrisi penuh bagi sang buah hati. Namun sayangnya data tahun 2013 menunjukkan kesadaran memberikan asi ekslusif di Indonesia masih tergolong rendah hanya sekitar 42% dari populasi ibu melahirkan saja. Hal ini disebabkan oleh rendahnya edukasi asi ekslusif, kesibukan ibu setelah melahirkan dan terpengaruh iklan susu formula.
Shaklee lovers, manfaat menyusui ternyata tidak hanya penting untuk bayi, tapi juga bermanfaat bagi ibunya. Berikut manfaat asi bagi bayi dan ibu:

Manfaat asi bagi bayi

1. Sumber nutrisi lengkap untuk daya tahan tubuh bayi
Ibu mengeluarkan asi sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayinya. Ketika bayi membutuhkan, secara alami asi akan siap untuk diberikan. Terjadi estafet daya tahan tubuh alami dari ibu kepada bayi melalui asi. Bayi yang minum asi memiliki daya tahan lebih baik melawan infeksi penyakit seperti diare, batuk pilek, radang tenggorokan dan gangguan pernafasan. Tentunya asi mencegah terjadi alergi tidak cocok pada susu formula.

2. Asi meningkatkan kecerdasan otak pada bayi
Asi mengandung asam lemak essensial omega 3 yang dibutuhkan bayi dalam perkembangan mata, saraf dan otak. Bayi yang mendapatkan asi ekslusif memiliki tingkat IQ lebih tinggi dan kognitif lebih baik dibandingkan bayi yang hanya minum susu formula.
baca: manfaat omega 3 bagi perkembangan otak

3. Meningkatkan ikatan batin ibu dan anak
Asi ekslusif diberikan selama 6 bulan dan dapat dilanjutkan hingga 2 tahun. Sepanjang waktu ini, ibu dan bayi terbentuk bonding atau ikatan kasih sayang dan ikatan batin. Itu mengapa ibu menyusui memiliki hubungan lebih kuat dengan anaknya.

4. Menurunkan resiko kegemukan dan penyakit diabetes
Berbeda dengan susu formula yang memiliki standar kalori tertentu. Air susu ibu memiliki kandungan kalori sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga insulin tidak bekerja terlalu keras. Bayi yang minum asi ekslusif menurunkan resiko kegemukan dan resiko terjadi penyakit diabetes melitus.

Manfaat menyusui bagi ibu

1. Menurunkan resiko kanker payudara dan kanker rahim
Penelitian ilmiah menyebutkan ibu yang menyusui bayinya dalam kurun waktu satu tahun dapat menurunkan resiko kanker payudara hingga 11% bahkan persentase ini meningkat hingga 25% apabila ibu menyusui anaknya hingga dua tahun penuh. Tidak berbeda dengan pengaruh menyusui dengan resiko kanker payudara, resiko kanker ovarium juga akan menurun seiring normalnya kadar estrogen.
Kabar baiknya bayi perempuan yang memperoleh asi dari ibu juga mendapat manfaat yang sama yaitu menurunkan resiko kanker payudara dikemudian hari ketika bayi tersebut beranjak dewasa.

2. Mengembalikan keseimbangan hormon pasca melahirkan
Keseimbangan hormon ibu pasca melahirkan sering menimbulkan masalah baby blues atau postpartum depresion (depresi pasca melahirkan). Kelarga perlu memberikan perhatian lebih kepada ibu pascamelahirkan karena banyak faktor penyebab timbulnya baby blues. Namun pemberian asi ekslusif membantu pemulihan keseimbangan hormon ibu menyusui dimana dilepaskan hormon prolaktin untuk membantu menyusui dan ositoksin untuk menenangkan ibu. Ibu menyusui membantu mengembalikan bentuk rahim lebih cepat.

3. Membantu menurunkan berat badan
Menyusui bayi tanpa disadari membantu menurunkan berat badan ibu secara alami. Setiap hari ibu menyusui akan membakar sekitar 500 kalori. Tentunya jika rutin dilakukan selama 6 bulan kedepan membantu ibu untuk menurunkan berat badan dan mengurangi beban sendi dan menurunkann resiko terjadinya osteoporosis.

4. Alat kontrasepsi alami
Pemberian asi ekslusif menjadi alat konstrasepsi alami yang menurunkan hormon estrogen dan meningkatkan hormon prolaktin. Biasanya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi dan menunda terjadinya ovulasi. Ibu menyusui menjadi alat kontrasepsi alami.
 
Menyadari pentingnya menyusui bagi ibu dan bayi, kami mengkampanyekan pemberian asi ekslusif bagi bayi anda hingga usia 6 bulan. Tentunya anda tidak ingin slogan anak "buatan pabrik" menjadi kenyataan kan? Susu sapi untuk anak sapi maka tidak salah apabila ibu menyusui anaknya. Ketenangan psikologi ibu dan nutrisi ibu menyusui menjadi hal penting yang tidak dapat dipisahkan. Makanan tambahan diperlukan untuk melengkapi nutrisi yang tidak didapat dari makanan kita setiap hari. Paket nutrisi ibu menyusui shaklee memperlancar asi (galactagogue), meningkatkan kualitas nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu menyusui yang aman dan alami. 

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.