Oct 28, 2017

Nutrisi penting untuk kesehatan sendi

Cegah sakit sendi lutut sejak dini
Struktur tulang berperan untuk tempat bertumpu otot menopang tubuh dapat berdiri dengan tegak, sedangkan sendi membantu agar tubuh tidak kaku dan dapat digerakan sesuai dengan kebutuhannya. Penting bagi kita memelihara kesehatan tulang dan sendi agar tidak menimbulkan gangguan tulang dan sendi dikemudian hari. Memelihara kesehatan tulang kita akan bahas pada topik bahasan dilain waktu.
Timbulnya sakit sendi dapat terjadi pada semua usia tanpa pandang bulu. Sendi merupakan penghubung antar tulang dan tulang yang memudahkan kita untuk bergerak. Persendian sendiri disusun oleh tulang rawan, cairan sinovial, ligamen didalam rongga sendi.  Sakit sendi lutut merupakan peradangan sendi yang paling banyak mengalami masalah karena peran sendi lutut untuk menopang berat badan, aktivitas berjalan dan berlari. Kenali faktor resiko radang sendi membantu kita terhindar dari gangguan pada persendian. Faktor penyebab resiko sakit sendi paling utama yaitu berat badan berlebih, pernah mengalami cedera persendian dan olahraga atau pekerjaan tertentu yang berperan pada kerusakan sendi. Perlakukan sendi tidak berlebihan dari kemampuan wajarnya membantu memperpanjang kesehatan fungsi sendi hingga hari tua anda. 

Nutrisi penting bagi sendi sehat

Makanan yang mengandung nutrisi tepat guna untuk kesehatan sendi menjadi solusi mencegah radang pada persendian. Berikut nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan sendi:

1. Kalsium dan vitamin D
Kalsium merupakan mineral penting yang dikenal manfaatnya untuk memperkuat pembentukan tulang. Kalsium bersama magnesium, fosfor memiliki komposisi tertentu sebagai bahan pembentuk tulang termasuk persendian. Sumber makanan yang mengandung kalsium bisa diperoleh dari daging, telur dan sayur. Setiap hari orang dewasa normal membutuhkan 1000 mg kalsium. Anak-anak masa pertumbuhan dan ibu hamil membutuhkan sekitar 1200-1500 mg kalsium setiap hari.
Vitamin D berperan membantu penyerapan kalsium. Sumber alami vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari pagi. Setiap hari kita membutuhkan 400-800 IU vitamin D untuk proses penyerapan kalsium setiap hari. Selain vitamin untuk tulang, kini telah banyak penelitian mengenai peran penting vitamin D berkaitan kesehatan organ tubuh hingga mengatasi kanker. Suplemen makanan vitamin D kini mudah diperoleh untuk memenuhi kecukupan vitamin D anda setiap hari.

2. Protein kolagen
Protein dalam bentuk kolagen diperlukan seluruh tubuh termasuk tulang. Protein membantu pembentukan tulang yang sehat. Kolagen juga berperan dalam pembentukan tulang rawan sendi dan elastisitas tulang. Penuhi kebutuhan protein dan kolagen untuk tulang dan sendi yang sehat. Sumber kebutuhan protein dapat diperoleh dari protein hewani seperti daging, unggas, ikan dan protein nabati seperti kedelai, tahu, tempe, kacang hijau dan edamame. 

3. Glukosamin dan kondroitin
Glukosamin dan condoritin banyak beredar dalam suplemen makanan yang membantu mencegah gangguan persendian seperti osteoarthritis dan rhematoid arthritis. Mereka yang menggunakan secara rutin glokosamin dan kondroitin telah merasakan kemajuan berarti terhadap gangguan persendian.
4. Omega-3
Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berfungsi utama untuk menjaga kesehatan jantung khususnya merawat menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah (arterosclerosis) dan menjaga kadar LDL darah. Peran omega-3 bagi sendi sebagai anti peradangan alami untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi. Rasa nyeri sendi timbul dari menipisnya bantalan tulang rawan pada lutut atau gerakan mendadak. Osteoarthritis dan rhematoid arthritis paling sering menimbulkan kemerahan disebabkan peradangan asam urat pada area persendian. Rutin minum omega-3 dapat mencegah terjadinya peradangan dan menurunkan penumpukan asam urat pada persendian.
5. Vitamin C
Peran vitamin C untuk persendian membantu protein dalam pembentukan kolagen dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Asupan vitamin C dosis 500 mg hingga 1000 mg membantu menjaga kesehatan sendi anda.

Sayangi dan jaga kesehatan sendi anda sejak dini dengan nutrisi yang menunjang kesehatan sendi anda. Jadikan nutrisi sebagai investasi kesehatan sendi sebelum sakit sendi menyerang. Batasi aktivitas fisik yang dapat merusak kesehatan sendi anda. Paket kesehatan sendi shaklee dapat membantu memenuhi nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan anda.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.