Aug 26, 2015

4 Tips Hidup Sehat Bebas Penyakit

Makanan untuk hidup sehat bebas penyakit
Kurniadi-myshaklee - "Hidup sehat bebas penyakit" menjadi suatu slogan yang tidak dapat dirasakan oleh banyak orang dizaman modern. Gaya hidup sibuk, makanan serba instan serta rasa makanan yang enak dilidah dan didukung pula kemajuan teknologi pangan mendukung industri kuliner semakin menjauhkan kita dari makanan sehat. Ada dilema makanan diluar rumah saat ini antara gurih dan nikmat namun tidak sehat atau tidak gurih dan nikmat namun sehat. Disamping ketahanan bahan pangan saat ini banyak dibantu bahan kimiawi agar tahan lama.
Namun, hidup sehat bebas penyakit harus tetap diusahakan agar dapat hidup tetap bugar sepanjang usia, dapat berkumpul bersama keluarga dan menikmati hobi bersama teman dimasa tua. Solusi dapat dicari pula seiring banyaknya penelitian dan informasi kesehatan yang lebih baik melalui media. kamiakan berbagi beberapa tips hidup sehat bebas penyakit mulai dari :
1. Konsumsi makanan sehat
Apa itu makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan yang dapat memenuhi nutrisi harian tubuh bukan semata makanan yang menyenangan lidah saja. kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi setiap harinya adalah makanan karbohidrat tinggi serat, tinggi protein, lemak, vitamin, mineral dan antioksidan. hindari makanan tinggi perasa buatan, pewarna makanan, terlalu lama dimasak.
 mari kita lihat bagian-bagian dari kebutuhan makanan harian :

a. Kartbohidrat dengan serat tinggi
Jumlah karbohidrat harian tidak perlu terlalu besar dan pentingnya tinggi serat agar tidak cepat masuk dalam darah sehingga memberatkan proses didalam pembuluh darah. Terlalu banyak jumlah karbohidrat yang masukpun akan memberatkan hati untuk menyimpannya dalam bentuk cadangan lemak diliver dan dibawah kulit.  kandungan serat tinggi membantu memperlancar sistem pencernaan agar dapat mengeliminasi sisa perncernaan setiap harinya.

b. Tinggi protein
Kandungan tinggi protein disarankan dari ikan laut dalam dan bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan agar waktu proses dalam tubuh sangat cepat dan mudah dikeluarkan dalam tubuh. Protein hewani membutuhkan waktu metabolisme lebih lama sehingga memberatkan sisem metabolisme dan kandungan lemak buruk yang juga mempengaruhi sistem pembuluh darah.

c. Lemak essential
Lemak salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh guna pembentukan sel-sel baru, hormon, daya tahan tubuh. Konsumsi lemak rantai panjang seperti minyak ikan omega 3 dan minyak essensial omega 6.
Lemak ini menjadi kontroversi menjadi nutrisi yang dihindari karena dianggap menjadi sumber penyakit masa kini seperti penyempitan pembuluh darah, jantung dan stroke. Lemak ini banyak ditemui pada makanan harian dan mulai hari ini perlu dihindari seperti lemak trans dan minyak goreng.

d. vitamin, mineral dan antioksidan
Nutrisi ini dapat dipenuhi dari sayur dan buah dengan ragam warna. pemenuhan vitamin, mineral dan antioksidan menjadi sangat penting untuk ada dalam makanan harian kita. Walaupun kebutuhan harian tidak sebesar karbohidrat, protein dan lemak namun proses metabolisme akan terganggu. antioksidan pada sayur dan buah dapat membantu menjaga tidak terkena masalah kesehatan masa kini yang dikenal dengan penyakit degeneratif

2. Cukupkan air murni minimal 2 L atau 8 gelar air
air murni ini tidak dapat digantikan dengan minuman lain berupa cairan. karena air memiliki banyak fungsi bagi tubuh. mengantarkan nutrisi ke tiap sel, mengangkut hasil metabolisme dalam proses elinimasi dan detoksifikasi, mendinginkan tubuh, kerja tubuh dapat optimal ini perlu cairan yang murni.
Minum air putih setidaknya 2 liter sehari

3.Tidur yang cukup
Kebutuhan tidur tiap rentang usia berbeda mulai dari bayi hingga orang tua. Tidur yang cukup bukan semata lamanya waktu antara 6-8 jam saja namun perhatikan waktu tidur antara jam 10 malam hingga 6 pagi. Dalam range waktu itu tubuh melakukan banyak proses istirahat organ penting dan proses detoksifikasi tubuh.

4. Lakukan olahraga rutin
 Olahraga menjaga tubuh tetap bugar, sirkulasi pembuluh darah lancar, pembuangan sisa metabolisme melalui kulit sehingga kulit lebih cerah.

Tidak ada kata terlambat untuk lakukan perbaikan kesehatan mulai dari hari ini. Semoga artikel tips hidup sehat bebas penyakit dapat membantu untuk mendapat kesehatan optimal.