Aug 26, 2015

Mencegah Penyakit Degeneratif

"First Wealth is Health
Ralph Waldo Emerson

Gaya hidup sehat lawan penyakit degeneratif
Kurniadi-myshaklee - Harapan kami, artikel ini dapat menjadi renungan dan dapat melakukan tindakan perubahan gaya hidup leih sehat yang bertujuan untuk menjalani kesehatan optimal sepanjang usia. Sebuah paradoks mengenai kemajuan dunia kedokteran dan farmasi beberapa dekade ini, dimana kenajuan dunia kedokteran, malah meningkatkan jumlah penderita penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif yang dimaksud adalah kanker (cancer), diabetes, gagal ginjal, jantung, stroke, autoimune sistem dan banyak penyakit lainnya.
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul karena menurunnya kemampuan bekerja fungsi suatu organ akibat gaya hidup tidak sehat.  Kesibukan, gaya hidup serba instan, konsumsi kelengkapan nutrisi harian tidak lengkap dimana kandungan makanan hanya tinggi kabohidrat yang diproses, tinggi lemak jenuh, rendah protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Pola makan buruk bila tetap berlangsung dalam waktu panjang menjadi tabungan timbulnya penyakit degeneratif. Tidak salah bila penyakit degeneratif dapat dikatakan penyakit gaya hidup.
Penyakit Degeratif dapat disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor keturunan dan faktor gaya hidup. gaya hidup menjadi faktor lebih besar pencetus penyakit degeneratif dibandingkan dengan faktor keturunan. karena adanya faktor keturunan namun gaya hidup yang sehat meminimalkan resiko terjadi dibandingkan sebaliknya, faktor keturunan yang baik namun tubuh terpapar gaya hidup yang tidak baik sepanjang hayat. Disamping itu, faktor keturunan ini bukan hanya semata garis keturunan, kadangkala pola hidup seperti makan, minum, istirahat anak sama seperti orang tua. Mulai jalani gaya hidup sehat mulai hari ini untuk mencegah penyakit degeneratif.
Banyak anggapan bahwa penyakit degeneratif hanya kalangan usia 45 tahun keatas saja yang dapat terkena, namun kenyataannya tidak sedikit penderita penyakit degeneratif usia remaja hingga usia 45 tahun. Tentunya perlu kesadaran bersama antara orangtua dan anak sebagai individu untuk memulai gaya hidup sehat sejak dini, khususnya pola makan dan rokok. Makanan sehat bukan apa yang nikmat dilidah namun apa yang dibutuhkan tubuhlah seharusnya yang kita konsumsi.
Lingkungan menjadi salah satu faktor buruk pencetus penyakit degeneratif dan menurunkan angka harapan hidup. Lingkungan saat ini tentunya sudah berbeda dibandingkan beberapa dekade lalu. Perkembangan abad industri dan pertumbuhan masyarakat global yang membeutuhkan tempat tinggal menyebabkan polusi dan kerusakan hutan cukup luas.Masyarakat saat ini memiliki beban paparan lingkungan lebih berat. Perlunya solusi penjagaan kesehatan dan perbaikan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.
Mencegah penyakit degeratif ini perlu dilakukan konsisten hingga akhir hayat. Berikut tips mencegah penyakit degeneratif :
  1. Mulai hidup sehat hari ini
  2. Hindari rokok dan minuman beralkohol
  3. Konsumsi makanan tambahan sebagai pelengkap dari pola makan (serat,protein tinggi, lemak essential, vitamin, mineral dan antioksidan)
  4. Perbaiki lingkungan guna bumi lebih baik, kesehatan lebih baik dan masa depan keturunan kita.
Memang lebih baik mencegah dari pada mengobati, namun tidak ada kata terlambat bagi yang sudah mengalami penyakit degeneratif untuk tetap bersemangat dan memulai menjalani hidup sehat mulai hari ini. Dapatkan hidup sehat bebas penyakit bersama produk Shaklee Indonesia