Sep 14, 2015

ASI ekslusif dukung perkembangan bayi

Peran asi ekslusif bagi bayi
Keajaiban Tuhan Yang Maha Esa menciptakan segala sesuatunya lengkap dan tepat pada waktunya. Ibu yang baru saja melahirkan adalah satu dari banyak Tuhan berikan keajaiban yaitu air susu ibu. Kita mengenalnya dengan nama ASI (air susu ibu). Asi adalah kelengkapan yang Tuhan berikan untuk ibu dapat memiliki peran lebih dari sekedar hamil dan melahirkan yang tepat waktu setelah ibu melahirkan. Peran asi ekslusif dukung perkembangan bayi berperan  penting dan vital untuk makanan bayi yang utama diberikan oleh ibu setelah melahirkan hingga usia minimal 6 bulan. Asi ekslusif dukung perkembangan bayi karena memiliki kandungan nutrisi pasti lebih lengkap dibandingkan susu formula. Didalamnya terkandung nutrisi penting serta daya tahan tubuh yang lebih berguna untuk perkembangan bayi hingga dewasa yang tidak didapat dari sekedar susu formula. Disamping itu pemberian asi ekslusif memberikan keterikatan (bonding) yang lebih kuat antara ibu dan anak. Konsumsi asi hingga 2 tahun disertai dengan makanan tambahan tentunya memastikan kebutuhan nutrisi anak melalui ASI menyempurnakan perkembangan bayi.

Tingkatkan kualitas ASI bersama Shaklee

Penting bagi ibu dapat memberikan ASI dengan lancar, jumlah yang cukup dan tentunya berkualitas. Motto shaklee untuk memasarkan produk kesehatan yang selalu aman, selalu efektif dn selalu alami membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu menyusui dan mendampingi ibu menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI ekslusif.
Ada 3 Tips yang dapat membantu untuk meningkatkan kualitas asi bersama produk shaklee :

1. Penuhi nutrisi ibu menyusui 

Hal terpenting bagi ibu waktu mengandung dan pasca melahirkan yaitu pentingnya asupan nutrisi ibu sejak dari awal kehamilan, melahirkan dan asupan nutrisi lengkap untuk menunjang ASI ekslusif guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berikut ini adalah tips makanan yang disarankan: 

a. Makanan tinggi omega 3  

Omega 3 ini mengandung lemak essential DHA dan EPA yang baik bagi tumbuh kembang jaringan saraf khususnya otak dan mata bayi. Sumber utama dapat diambil dari ikan laut dalam seperti ikan salmon, ikan hering.

b. Makanan tinggi protein

Protein sebagai nutrisi utama pembangun tubuh juga dibutuhkan bagi bayi guna perkembangan bayi. Asupan 9 protein essential, protein yang tidak dapat diproduksi dalam tubuh dapat diambil dari sumber nabati, utamanya kacang-kacangan seperti almond, kacang kedelai, tahu, susu kedelai dan sumber hewani seperti daging ayam, daging sapi dan ikan. Ikan dan kedelai dapat menjadi pilihan karena memiliki manfaat kandungan lebih luas seperti biofalonoid dan vitamin E pada kedelai dan kandungan omega 3 pada jenis ikan laut.

c. Makanan tinggi kalsium

Kalsium menjadi asupan penting penopang tulang dan berbagai aktivitas sel bagi bayi maupun ibu. Kebutuhan kalsium ibu menurut WHO saat menyusui meningkat dari 1000mg hingga 1300mg karena kebutuhan kalsium bayi diambil dari ibunya. Sumber kalsium juga dapat diambil dari sayuran seperti bayam, brokoli kailan dan daging sapi dan daging ayam.

d. Kaya vitamin dan mineral lainnya

Vitamin dan mineral lainnya termasuk mikro nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi dalam jumlah kecil dalam tubuh namun sangat penting dan tak terganti. Pemenuhannya tentunya juga tidak dapat luput dari perhatian. ASI dengan vitamin dan mineral dicukupi dari sayur,buah dan daging.

Produk menyusui shaklee dapat membantu melengkapi nutrisi bagi bayi dan ibu menyusui. Testimoni produk menyusui shaklee berupa meningkatkan jumlah asi, asi lebih kental dan berlimpah.

2. Pijat payudara

Memijat payudara dapat membantu melancarkan sirkulasi darah disekitar payudara untuk mengeluarkan ASI. Melakukan pijat payudara membantu meningkatkan kuantitas ASI.

3. Relaks, istirahat dan hindari stress

Peran suami dan keluarga membantu ibu agar terhindar dari stress pasca melahirkan, membantu ibu dapat relaks menghadapi bayi khususnya untuk anak pertama. Kurang tidur sudah pasti dialami oleh semua orang tua akibat bayi belum mengenal zona waktu siang dan malam. Kerjasama suami istri dan keluarga dapat membantu tetap menjaga tingkat stres ibu. Rasa nyaman ibu ini akan dirasakan pula oleh bayi.

Mari memulai memberikan asi ekslusif bagi bayi anda hingga usia 6 bulan. Tentunya anda tidak ingin slogan anak "buatan pabrik" menjadi kenyataan kan?