Dec 14, 2016

Forrest C Shaklee: Legenda Penemu Multivitamin Pertama di Dunia

Penemu multivitamin pertama dan pemasaran sosial marketing

Lima puluh enam tahun sudah, Shaklee membuktikan diri sebagai sebuah perusahaan MLM yang kokoh hingga kini. Lebih dari $6 miliar dollar Amerika atau setara dengan Rp55 triliun, sudah dibagilam sebagai bonus kepada para distributornya. Mereka konsisten mempertahankan nilai warisan sang pendiri, Dr Forrest C. Shaklee, "follow the laws of nature and you'll never go wrong."

Tidak banyak yang tahu, sesungguhnya perusahaan MLM mana yang paling tua di muka bumi ini. Namun jika ditenggok dari riwayat perjalanan industri MLM didunia,maka sebelum tahun 1956 belum ada satupun perusahaan MLM yang lahir. Baru pada tahun 1956 itulah, sebuah perusahaan yang namanya diambil dari nama sang pendiri, lahir sebagai perusahaan MLM pertama di dunia. Tepatnya, 1 april 1956 seorang dokter yang juga chiropraktor atau ahli tulang, Dr Forrest C. Shaklee mendirikan Shaklee Corporation di Oakland, California-Amerika serikat.
Namun sesungguhnya, kisah tentang Shaklee Corporation telah dimulai pada tahun 1915. Ketika Dr shaklee yang kelahiran Carlisle, negara bagian Iowa, pada 27 november 1894 itu, merampungkan studinya di Palmer Collage di tahun itu. Anak petani miskin ini menorehkan sejarah baru di bidang kesehatan dengan penemuan multivitamin pertama di dunia. Formulasi temuannya itu kemudian diproduksi menjadi Shaklee Vitalized Minerals.
Dalam buku the shaklee story, Robert L. Shook sang penulis menuturkan saat itu untuk pertama kalinya suplemen makanan dikemas dan diberikan kepada para pasien yang kekurangan nutrisi. Dan itu dilakukan oleh Dr Shaklee.
Pada tahun 1955, Dr Shaklee memutuskan untuk menggabungkan filosofi motivasi dengan pengalamannya sebagai bertahun-tahun sebagai ahli gizi. Ayah dua orang putera ini pun sempat mendirikan sejumlah klinik dan berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Sementara kedua puteranya sempat bergabung dengan angkatan bersenjata pada perang dunia ke-2. hingga pada tahun 1941 saat sang istri meninggal tertabrak mobil, ia memanggil kedua puteranya keluar dari angkatan bersenjata. Mereka pun sepakat membesarkan klinik sang ayah menjadi sebuah perusahaan. Apalagi, sejumlah formula temuan Dr Shaklee pun mulai dikenal luas.

Shaklee Corporation didirikan 

Pada 1 April 1956, saat dimana Dr Shaklee sudah menginjak usia 62 tahun, ia dan kedua puteranya masing-masing menginvestasikan $6000, untuk mendirikan Shaklee Corp. Shaklee Corporation pun menjadi perusahaan multilevel marketing yang pertama didunia. Selain produk multivitamin dan sejumlah produk lain yang sudah diciptakan Dr Shaklee terdahulu, produk pertama yang didistirbusikan dibawah payung Shaklee Corporation adalah Pro-lecin (kombinasi protein dan lecitin).
Mereka bertiga mengoperasikan bisnis Shaklee Corp. sesuai kapasitan dan kompetensi masing-masing puteranya, Forrest Jr bertugas menangani urusan keuangan dan akuntansi. Ia juga mengeloa operasi perusahaan sehari-hari. Sementara itu, puteranya yang lain.Raleigh yang pernah menjadi penjual asuransi itu menajalankan tugas mengendalikan pemsaran produk Shaklee. Dr Shaklee sendiri sesuai dengan keahliannya menjadi sosok kunci dibalik formulasi produk-produk unggul Shaklee.
 Dr Shaklee terus berinovasi. Riset dan pengembangan produk Shaklee pun terus dilakukan. Itu dapat dilihat dari terus dilahirkannya sejumlah produk unggul lainnya. masih di tahun 1956, Shaklee Corp. melahirkan produk herb-lax. Pada tahun 1958, menyusul produk Vita-Lea sebuah produk multivitamin, multimineral suplemen dalam bentuk tablet yang dengan cepat menjadi salah satu andalan perusahaan. Masih di tahun yang sama, mereka menelorkan produk pembersih usus besar (colon cleanser). Dua tahun kemudian, Shaklee kembali melahirkan sejumlah produk yang kemudian menjadi sangat terkenal di dunia yakni solusi pembersih biodegradable dan lini produk perawatan kulityang terbuat dari bahan alami.
Sesungguhnya konsep Dr Shaklee tentang 'thoughtsmanship' dia terapkan dalam menjalankan distribusi produk Shaklee Corp. Daripada menyewa staf penjualan tetap yang bekerja pada perusahaan. Shaklee Corp. memutuskan sejak awal untuk merekrut distributor independen dan menawarkan serangkaian insentif yang menguntungkan yang akan memberi mereka kompensasi sebanding dengan penjualan yang mereka hasilkan. itu adalah sistem yang sangat 'terstruktur' dan membutuhkan motivasi diri para distributor.
Maka, terbitlah iklan Shaklee pertama di Harian Oakland tribune di tahun 1956 itu. Iklan itu berisi informasi lowongan menjadi distributor Shaklee dan undangan untuk menghadiri pertemuan perkenalan dengan Shaklee dan produknya. Enam orang merespon undangan itu dan hadir dalam pertemuan. Mereka pun lalu bergabung sebagai distributor pertama Shaklee. Usai itu, distributor Shaklee pun menyebar dengan cepat, sehingga perusahaan itu menjadi kondang di seantero negara bagian California.
Hasil pun langsung dinikmati para distributor itu. Sedari tahun pertama saja, Shaklee sudah mencatatkan omzet penjualan mencapai $100.000, padahal pasar yang digarap masih disekitar California saja. Angka ini pun terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Hingga Dr Shaklee memutuskan untuk membuka jalur distribusi Shaklee di luar California pada 1962.

Masa kejayaan Shaklee Corp

Penjualan yang dicatat Shaklee, sama harumnya dengan kelahiran produk demi produknyayang terus tiada henti. periode 1970-an menjadi sebuah era dimana Shaklee mencatat penjualan yang luar biasa. Meroket dari omzet tahun-tahun sebelumnya yang hanya US$20juta, menjadi lebih dari US$300juta per tahun, pada akhir dekade 1970. Rekor penjualan yang demikian, tidak membuat Shaklee berhenti berinovasi. Manajemen pun memutuskan untuk membuka sebuah pusat riset Shaklee yang baru. Mereka kemudian menamakan itu, Forrest C. Shaklee Research Center di Hayward, California. Pada 1973, Shaklee Corporation go public dan mulai mencatatkan sahamnya di bursa, nasdaq.
Selain pusat penelitian, Shaklee juga mulai melebarkan sayapnya ke luar Amerika Serikat. Ini menjadi konsekuensi logis dari perkembangan yang dialami oleh perusahaan. Tahun 1976, perusahaan membuka 2 cabang Shaklee masing-masing Shaklee Jepang dan Shaklee Canada. Perkembangan ini membuat Dr Shaklee dan kedua puteranya mulai mengurangi peran mereka di dalam perusahaan. Perusahaan pun mulai berevolusi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan berskala besar. Tahun 1979, perusahaan membangun pabrik baru di norman, Oklahomadisusul dipindahkannya kantor pusat Shaklee Corp. ke lokasi baru di San Fransisco, California.
Menurut Bradford Richardson, pengakuan terhadap keandalan produk Shaklee pun terus berdatangan. "Tahun 1984, Shaklee dipercaya menjadi konsultan gizi bagi tim olahraga ski Amerika Serikat yang berangkat berkompetisi di olimpiade musim dingin di Sarajevo." katanya.
Dalam periode 1990-an juga, Shaklee Corp. sempat berpindah kepemilikannya dari tangan pendiri ke sebuah perusahaan farmasi asal jepang, yakni Yamanouchi Farmasi. Ini adalah sebuah perusahaan obat besar di Jepang yang sebelumnya telah lebih dahulu mengakuisisi Shaklee Jepang tetapi tidak mengakuisisi perusahaan induknya, Shaklee Corp. Setelah induk perusahaan dikuasai Jepang, Shaklee pun terus tumbuh.
Pada April 2004, Yamanouchi sebagai pemilik Shaklee Corp. menjual Shaklee Corp. kepada miliarder Amerika Serikat, Roger Barnett, yang juga managing partner Activated Holding LLC, senilai $310juta. Sejak itu, Roger Barnett pun memangku predikat Chief Excecutive Officer Shaklee Corp. "Shaklee adalah mahkota bagi industri pemasaran langsung di seluruh dunia. Shaklee adalah rumah saya." ujar Barnett yang juga memiliki sejumlah perusahaan lain diantaranya Burberry yang terkenal itu.
"Saat ini Shaklee sudah ada di delapan negara, Amerika Serikat, Jepang, Canada, Mexico, Taiwan, Malaysia, China dan Indonesia." ujar Victor Lim, Regional GM South East Asia Shaklee Corp.

Sumber: Billionare Magazine 2012