Jul 3, 2018

Cara alami menambah tinggi badan anak


Cara alami menambah tinggi badan anak semakin menjadi perhatian orangtua saat anak menginjak remaja. Pubertas pada remaja mendorong hormon pertumbuhan yang berperan menambah tinggi badan anak. Kenaikan tinggi badan anak perempuan mulai pada usia 9-12 tahun dimana puncak kenaikan tinggi badan optimal biasanya dicapai pada usia 18 tahun. Sedangkan kenaikan tinggi badan pada anak laki-laki dimulai pada usia 9-15 tahun dengan puncak kenaikan tinggi badan optimal biasanya dicapai pada usia 21. 
Tinggi badan anak menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri saat menginjak dewasa. Potensi penambahan tinggi anak tidak hanya dipengaruhi oleh genetik keturunan semata dimana orangtua dengan postur tubuh yang tinggi otomatis memiliki anak berpostur tinggi. Mari kita bahas lima faktor mempengaruhi menambah tinggi anak pada masa pertumbuhan:
1. Nutrisi peninggi badan
Protein, kalsium dan vitamin D berperan penting sebagai nutrisi peninggi badan. Kekurangan nutrisi peninggi badan menghambat pertumbuhan tinggi badan selama masa pertumbuhan. Fungsi protein membentuk hormon pertumbuhan dan fondasi otot yang kuat bagi tulang. Kalsium dan vitamin D membangun tulang yang kuat selama masa pertumbuhan anak. 
Sumber protein, kalsium dapat diperoleh dari daging, ikan, ayam, susu telur dan kacang-kacangan. Paparan sinar matahari pagi merangsang pembentukan pro vitamin D3 yang dibutuhkan tulang. 
Hindari makan karbohidrat berlebihan, junk food dan minuman berkarbonasi selama masa pertumbuhan. Jenis makanan ini memicu obesitas. Pertumbuhan tinggi badan anak keatas bukan kesamping. 
2. Olahraga
Selain meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga melancarkan distribusi oksigen dan nutrisi dalam darah keseluruh tubuh untuk menambah tinggi badan. Orangtua dapat memperkenalkan jenis olahraga yang disukai anak. Olahraga yang dapat menambah tinggi badan seperti berenang, bersepeda, basket, volley dan sepakbola. Olahraga pada tempat terbuka secara tidak langsung merangsang pembentukan vitamin D yang menunjang pertumbuhan anak. 
3. Tidur pada malam hari 
Remaja setidaknya membutuhkan tidur lelap sedikitnya 9 jam pada malam hari. Tubuh melakukan regenerasi dan melepaskan hormon pertumbuhan pada malam hari. 
4. Hindari alkohol dan merokok
Tujuan menambah tinggi badan remaja akan terganggu akibat pengaruh merokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok dan alkohol sejak remaja meningkatkan potensi pengeroposan tulang yang kita kenal dengan osteoporosis dikemudian hari.
5. Suplemen kalsium dan vitamin D
Suplemen kalsium dan vitamin D dapat diberikan untuk melengkapi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang kurang pada makanan anda. Memperkenalkan suplemen kalsium dan vitamin D shaklee untuk menambah tinggi badan anak. 

Maksimalkan peningkatan tinggi badan secara alami pada masa pertumbuhan hingga usia mencapai 21 tahun dengan nutrisi makanan, olahraga, istirahat, hindari alkohol dan rokok, tambahkan suplemen kalsium dan vitamin D. Penambahan tinggi badan secara perlahan terhenti setelah melewati masa pertumbuhan. Hindari penggunaan alat dan obat-obatan untuk menambah tinggi badan tidak alami yang berpotensi merusak tulang dikemudian hari. Semoga lima cara alami menambah tinggi badan anak membantu mengoptimalkan tinggi anak anda. Dapatkan juga rekomendasi vitamin shaklee meningkatkan tinggi badan anak. 

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.