Jul 18, 2018

Cara alami cegah osteoporosis sejak dini

Cegah osteoporosis dengan vitamin tulang shaklee

Cara alami cegah osteoporosis sejak dini - Fungsi tulang pada tubuh manusia yaitu membentuk rangka bentuk tubuh, tempat menempelnya otot dan beberapa bagian tulang berperan menunjang pergerakan. Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengupas penambahan tinggi badan dimulai sejak remaja ketika memasuki usia pubertas hingga usia sekitar 21 tahun. Berhentinya pertumbuhan tinggi badan berbeda setiap orang dimana sel pembentukan tulang lebih banyak daripada sel perombakan tulang. Sejalan pertambahan usia, tulang mengalami penurunan kepadatan tulang yang dimulai sekitar umur 30 tahun. Kehilangan kepadatan tulang jangka panjang,kita kenal dengan istilah osteoporosis atau keropos tulang
Osteoporosis dikenal dengan penyakit silent disease dimana kita baru mengetahui menurunnya kepadatan tulang setelah adanya retak tulang atau patah tulang akibat trauma tertentu. Beberapa dampak dari keropos tulang yang mudah dikenali yaitu tulang mudah patah, penurunan tinggi badan dan timbul nyeri punggung. 
Menurut studi menunjukkan bahwa resiko osteoporosis pada perempuan lebih besar dibandingkan dengan pria. Resiko osteoporosis meningkat lebih tinggi pada perempuan yang telah memasuki manopause dimana hormon estrogen menurun. Pemenuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui juga penting selain berperan untuk kekuatan tulang bayi saat dewasa, tapi juga menurunkan resiko ibu mengalami osteoporosis dikemudian hari. Kekurangan kalsium ibu hamil dan menyusui akan dipenuhi dari cadangan kalsium dari tulang. Tidak sedikit juga pria maupun anak yang mengalami keropos tulang yang dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat. Resiko osteoporosis juga disebabkan oleh pengobatan penyakit tertentu seperti penggunaan kortikosteroid dan hiipertiroid. 
Bila kita tahu cara mencegah osteoporosis sejak dini, kita dapat menghindari akibat buruk patah tulang akibat keropos tulang pada usia senja. Mari kita bahas cara mencegah osteoporosis sejak dini:
1. Perbanyak makanan tinggi kalsium dan vitamin D
Pastikan makanan anda memiliki kandungan protein, kalsium dan vitamin D untuk mendapatkan sendi dan tulang yang kuat terhindar dari osteoporosis dan sakit sendi. Kalsium terdapat pada makanan seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, daging sapi, ayam dan ikan. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin D yaitu telur, hati sapi dan susu kedelai. Penuhi kebutuhan kalsium sekitar 1000-1300 mg setiap hari guna mencegah osteoporosis. Kolagen, bagian dari protein yang berperan menjaga elastisitas tulang. Sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, telur, daging, ayam dan ikan.

2. Olahraga dan tetap aktif
Olahraga setidaknya 2-3 jam seminggu menjadi bagian dari pola hidup sehat. Melatih kekuatan otot secara konsisten membantu menjaga kekuatan tulang agar tehindar dari osteoporosis. Tetap aktif latihan fisik seperti jalan cepat, senam, yoga dan angkat beban dalam jumlah kecil mem menjaga kekuatan tubuh tetap memiliki energi juga mencegah osteoporosis. 

3. Kurangi merokok dan minuman alkohol
Kebiasaan merokok dan alkohol juga memberi sumbangan terhadap meningkatnya resiko osteoporosis. Kurangi merokok dan minuman beralkohol secara bertahap hingga berhenti menjauhkan kita dari berbagai penyakit degeneratif yang dapat datang. 

4. Hindari penggunaan obat-obatan 
Hindari penggunaan obat-obatan bebas secara jangka panjang dapat menganggu kesehatan tulang dan sendi anda. Penggunaan obat anti peradangan golongan steroid jangka panjang tanpa kendali dapat merusak tulang dan sendi anda.

5. Berjemur sinar matahari pagi
Tubuh dapat membuat vitamin D secara alami dengan cara mudah yaitu berjemur sinar matahari pagi. Luangkan waktu setidaknya 10 menit setiap hari. Peran vitamin D sangat vital untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak penelitian juga menunjukkan peran vitamin D dapat mencegah berbagai macam penyakit. 

6. Suplemen makanan sumber kalsium, protein dan vitamin D
Shaklee memiliki suplemen makanan untuk melengkapi nutrisi tulang seperti kalsium, protein dan vitamin D guna mencegah osteoporosis. Kita akan membahas produk shaklee mencegah osteoporosis pada artikel lainnya. 
Kita sudah sering mendengar pepatah mencegah lebih baik dari mengobati. Semoga cara alami cegah osteoporosis sejak dini dapat membantu anda terhindar dari osteoporosis. Pemesanan produk shaklee untuk mencegah osteoporosis dapat menghubungi kurniadi distributor shaklee indonesia di 081931410988.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.